Pengikut

RSS

GOES TO KEBUN BINATANG SURABAYA

GOES TO KEBUN BINATANG SURABAYA



Dilaksanakannya praktikum taksonomi hewan di kebun binatang Surabaya (KBS) karna KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, didalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk didalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces. Dalam perkembangannya KBS telah berubah fungsinya dari tahun ke tahun. Kebun Binatang Surabaya yang dahulu hanya sekedar untuk tempat rekreasi telah dikembangkan fungsinya menjadi sarana perlindungan dan pelestarian, pendidikan, penelitian dan rekreasi. Binatang-binatang yang menjadi koleksi KBS dari tahun ke tahun jumlah dan jenisnya terus bertambah, baik berasal dari luar negeri maupun yang berasal dari dalam negeri.

Untuk membandingkan class aves dengan class mamalia dibutuhkan berbagai pengamatan diantaranya dengan cara mencari karakteristik umum dari setiap spesies, mendeskripsikan dan mengklasifikasikan berbagai spesies aves dan mamalia. Praktikum ini dilaksanakan agar supaya kita dapat membedakan berbagai spesies

Aves merupakan hewan yang tubuhnya diselaputi oleh bulu-bulu. Anggota depannya berubah menjadi sepasang sayap, selain digunakan untuk terbang juga untuk mengatur suhu tubuhnya. Hewan ini berdiri dan berjalan dengan kedua kakinya yang berjari empat, alat pernapasannya berupa paru-paru dan jantungnya memiliki empat ruang dengan sempurna, yaitu dua serambi dan dua bilik. Pada beberapa jenis burung yang memiliki jarak terbang jauh dilengkapi dengan alat bantu pernapasan berupa pundi-pundi (kantung) berhubungan dengan paruparu yang berfungsi sebagai penyedia udara untuk paru-paru sewaktu terbang.

Mamalia berasal dari bahasa Latin, mammae yang berarti buah dada, payudara, tempat hidupnya. ada yang di air dan di darat. Pada umumnya tubuh ditutupi oleh rambut dan kulit yang banyak mengandung kelenjar, seperti kelenjar keringat, kelenjar lemak, dan kelenjar susu. Semua hewan yang termasuk Mamalia mempunyai dua ciri yang sama, yaitu ciri pertama, tubuhnya ditutupi rambut, walaupun kadang-kadang tidak begitu nyata, contohnya pada beberapa ikan paus, segera setelah dilahirkan rambut-rambut itu hilang sama sekali. Ciri kedua, memiliki kelenjar susu untuk menyusui anak yang baru dilahirkan atau masih kecil. Pada saat masih dalam bentuk embiro tersimpan di dalam kantung amnion yang mengandung air ketuban, fungsinya untuk menjaga dari segala goncangan dari luar dan memperlancar pada saat proses melahirkan anaknya. Kelompok hewan ini bernapas menggunakan paru-paru dan suhu tubuhnya tidak tergantung pada lingkungannya sehingga tergolong berdarah panas. Pada umumnya Mamalia berkembang biak dengan beranak dan pembuahan terjadi di dalam tubuh, contohnya tikus, kucing, anjing, harimau, badak, dan gajah, tetapi ada yang bertelur seperti Platypus (hewan berparuh bebek), contoh hewan yang termasuk kelompok Mamalia air, antara lain ikan pesut dan lumba-lumba.

Banyak sekali perbedaan antara aves dengan mamalia, namun tidak sedikit juga persamaanya. Setiap aves memiliki beberapa ordo, beberapa ordo terbagi menjadi berberapa genus dan beberapa genus terbagi lagi menjadi beberapa spesies. Begitupun juga degan class mamalia yang terbagi atas ratusan spesies. Oleh karena itu perlu dilakukan identifikasi berbagai spesies untuk membedakan dan membandigkan spesies yangh satu dengan spesies yang lainnya. Praktikum di KBS adalah salah satu solusi untuk mencari tau berbagai perbedaan-perbedaan aves dengan mamalia karena diketahui banyak sekali satwa yang terdapat didalamnya. Sehingga dapat mendeskripsikan dan mengklasifikasikan berbagai satwa dalam class aves dan class mamalia.





Berikut tabel pembagian ordo dalam kelas aves dan mamalia menurut Animal Diversity Web:

Pembagian Ordo dalam Kelas Aves dan Mamalia Berdasarkan Animal Diversity Web

Kelas

Sub Kelas

Ordo

Aves

Neognathae

1. Ordo Anseriformes

2. Ordo Galliformes

3. Ordo Caprimulgiformes

4. Ordo Apodiformes

5. Ordo Balaenicipitiformes

6. Ordo Charadriiformes

7. Ordo Ciconiiformes

8. Ordo Coliiformes

9. Ordo Columbiformes

10. Ordo Coraciiformes

11. Ordo Cuculiformes

12. Ordo Falconiformes

13. Ordo Galbuliformes

14. Ordo Gaviiformes

15. Ordo Gruiformes

16. Ordo Mesitornithiformes

17. Ordo Musophagiformes

18. Ordo Opisthocomiformes

19. Ordo Passeriformes

20. Ordo Pelecaniformes

21. Ordo Phoenicopteriformes

22. Ordo Piciformes

23. Ordo Podicipediformes

24. Ordo Procellariiformes

25. Ordo Psittaciformes

26. Ordo Sphenisciformes

27. Ordo Strigiformes

28. Ordo Trogoniformes

29. Ordo Turniciformes


Paleognathae

1. Ordo Struthioniformes

2. Ordo Tinamiformes

Mamalia

Prototheria

1. Ordo Monotremata


Theria

1. Ordo Afrosoricida

2. Ordo Hyracoidea

3. Ordo Macroscelidea

4. Ordo Proboscidea

5. Ordo Sirenia

6. Ordo Tubulidentata

7. Ordo Dermoptera

8. Ordo Lagomorpha

9. Ordo Primates

10. Ordo Rodentia

11. Ordo Scandentia

12. Ordo Carnivora

13. Ordo Artiodactyla

14. Ordo Cetacea

15. Ordo Chiroptera

16. Ordo Erinaceomorpha

17. Ordo Soricomorpha

18. Ordo Perissodactyla

19. Ordo Pholidota

20. Ordo Xenarthra

21. Ordo Cingulata

22. Ordo Pilosa

23. Ordo Dasyuromorphia

24. Ordo Didelphimorphia

25. Ordo Diprotodontia

26. Ordo Microbiotheria

27. Ordo Notoryctemorphia

28. Ordo Paucituberculata

29. Ordo Peramelemorphia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar